PENGERTIAN DAN FUNGSI JARINGAN KOMPUTER – Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai popular saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi.

Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam internet berlipat ganda.Internet menyajikan banyak sekali informasi. Misalnya : berita, surat-menyurat, transaksi jual-beli dan masih banyak lagi. Akibat dari keunggulan tersebut maka semua pengguna akan menggunakan fasilitas internet secara bersama-sama.

PENGERTIAN DAN FUNGSI JARINGAN KOMPUTER

Pengertian dan fungsi Jaringan

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu yang saling dihubung-hubungkan menggunakan transmission control protocol/internet protocol (TCP/IP). Hubungan “interaksi” antara dua komputer autonomous yang mendukung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Autonomous adalah apabila sebuah komputer tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh, sehingga dapat membuat komputer lain  restart, shutdown dan kehilangan file atau kerusakan sistem. Dalam definisi networking yang lain autonomous dijelaskan sebagai jaringan yang independent dengan manajemen system sendiri (punya admin sendiri), memiliki topologi jaringan, hardware dan software sendiri.

Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling tukar data atau informasi. Pengertian lainnya adalah sekumpulan komputer dan peralatan lain (seperti printer) yang terhubung dalam satu kesatuan untuk bisa saling berkomunikasi, sharing file atau data. Data berupa teks, audio maupun video, bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel (wireless) sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan dapat saling bertukar file atau data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardwareatau software yang terhubung dalam jaringan bersama-sama.

Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibagi menjadi 3 kelompok, berikut penjelasan tentang kelompok jaringan tersebut:

Local Area Network (LAN)

merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. Jarak yang dapat dijangkau oleh LAN kurang lebih 10 km. LAN sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor, sekolah, atau pabrik-pabrik untuk memakai resource secara bersama (misalnya, printer atau scanner) dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik, yaitu ukuran, teknologi transmisi, dan topologinya.

Metropolitan Area Network (MAN)

merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN, dapat terdiri dari dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam batas-batas tertentu, misalnya dalam suatu kawasan metropolitan atau satu kota. Jarak maksimum yang dapat dijangkau oleh MAN adalah 80 KM. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel.

Wide Area Network (WAN)

Merupakan jaringan yang mempunyai jangkauan area sangat luas, misalnya antarpulau, negara, benua, bahkan ke luar angkasa. Contoh WAN yang sangat terkenal adalah Internet. Tetapi, WAN dapat juga menjadi network pribadi. Sebagai contoh, suatu perusahaan yang memiliki kantor-kantor di berbagai negara dapat memiliki WAN yang menghubungkan kantor-kantor tersebut melalui hubungan telepon, satelit, dan teknologi-teknologi lainnya. Biasanya, WAN terdiri dari banyak LAN yang diinterkoneksikan.

TUJUAN JARINGAN KOMPUTER

Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien

Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama, serta berbagi pemakaian CPU, Memori, dan Harddsik.

Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date

Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing)

Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan

Jaringan dapat membantu komunikasi lebih efisien

Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, Disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.

Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif

Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.

Demikian pembahasan tentang pengertian dan fungsi jaringan komputer, terimakasih telah berkunjung ke website catatansantri.com semoga artikel diatas bermanfaat. Dan terus dukung kami agar selalu bersemangat dalam berkarya.

Leave a Reply