Pengertian Komputer

Pengertian Komputer – Istilah Komputer sudah tidak asing lagi di telinga kita, Kita semua tahu bahwa PC atau komputer sangat berguna bagi kehidupan kita. Komputer dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita dan komputer juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer yang lainnya ataupun penggunaan khusus seperti dalam perusahaan, kantor, sekolah dan instansi. Bahkan setiap orang sekarang sudah punya komputer sendiri.

Dalam artikel kali ini penulis akan membahas tentang pengertian komputer dan komponen-komponen komputer secara singkat dan jelas agar pembaca bisa dengan mudah memahami apa itu komputer dan komponen utama yang ada pada komputer tersebut. Kalau kalian penasaran yuk langsung saja kita ke TKP.

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer
Pengertian Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu ‘computare’ yang berarti alat untuk menghitung. Karena luasnya bidang tentang ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit saling berbeda dalam mendefinisikan apa itu komputer. Komputer terdiri dari 3 komponen utama yaitu Hardware, Software dan Brainware. Berikut penjelasan mengenai ketiga komponen tersebut:

1. Hardware

Pengertian Hardware atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, bentuk secara fisik dari komputer yang dapat kita sentuh secara langsung disebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Contoh dari Hardware adalah sebagai berikut: 

  1. Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Keyboard, Mouse, dan Joystick.
  2. Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah Prosesor/CPU (Central Processing Unit) pada sebuah komputer, prosesor (CPU) sering kali disebutsebagaiotakkomputer.
  3. Perangkat Output/Keluaran: Merupakanperalatan yang berfungsiuntukmengeluarkanhasilpemrosesanataupunpengolahan data yang berasaldari CPU kedalamsuatu media yang dapatdibacaolehmanusiaataupundapatdigunakanuntukpenyimpanan data hasil proses.. Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.

2. Software

Pengertian Software atau Perangkat Lunak adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang diformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer. Contoh dari Software adalah sebagai berikut:

  1. Sistem Operasi: Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User.
  2. Software Aplikasi: Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Contohnya adalah Software paket aplikasi perkantoran seperti Libre Office dan Microsoft Office.

3. Brainware

Pengertian Brainware atau Perangkat Manusia adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer.

Itulah tadi pembahasan mengenai Pengertian Komputer secara singkat dan jelas. Share artikel ini ke akun media sosial pribadimu sebagai bentuk dukungan bagi situs CatatanSantri.com agar semakin berkembang dalam berkarya. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Leave a Reply