PENGERTIAN UX DAN UI – User Interface (UI) & User Experience (UX) Dalam pengembangan website dan aplikasi memang sangat penting dan saling berkaitan. Namun, manakah yang lebih penting di antara keduanya ? Apakah bagus disalah satu elemen saja sudah cukup ? Atau perlu keduanya ?

Pada kesempatan ini penulis ingin berbagi sedikit informasi tentang pengertian UX & UI pada aplikasi Figma, mungkin dikalangan orang awam istilah UX & UI jarang ada yang tahu. Tapi bagi para Desinger istilah UX & UI sudah biasa didengar bahkan keseharian Designer dihadapkan dengan UX & UI. Namun jangan khawatir disini penulis akan mengupas dengan tuntas, jelas dan tajam setajam SILET.

PENGERTIAN UX DAN UI

PENGERTIAN UX DAN UI

Pengertian UX DAN UI – User Experience (UX) merupakan proses mendesain suatu produk melalui pendekatan pengguna. Dengan pendekatan ini, kita bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Produk dengan desain UX yang baik akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna saat menggunakan produk kita.

Pengguna jadi mudah dan nyaman saat menggunakan produk. Adapun komponen UX ini meliputi bagaimana fitur-fitur yang disediakan produk, struktur desain, navigasi penggunaan produk, aspek visual design, dan seluruh aspek interaksi dengan pengguna. UX juga meliputi bagaimana kita menentukan branding, konten, dan copywriting yang sesuai dengan target pengguna kita.

User Interface (UI) adalah bagian dari UX yang berupa tampilan visual design sebuah sistem. Tampilan tersebut memungkinkan pengguna terhubung dan berinteraksi dengan suatu produk. Selain berfungsi sebagai penghubung, UI juga berfungsi untuk memperindah tampilan sehingga dapat meningkatkan kepuasaan pengguna. Namun tidak hanya harus memperindah, UI juga harus mudah digunakan.

Beberapa komponen UI diantaranya adalah komponen button, typography, tema, warna, layout, animasi yang tampil pada produk, dan visual interaksi lainnya. Semua komponen UI tersebut didesain dengan berfokus pada keindahan dan kemudahan pengguna. Jadi, pengguna dapat menikmati produk kita. Tools untuk UI/UX Terdapat beberapa tools yang dapat digunakan untuk membangun sebuah prototype aplikasi mobile dengan menerapkan fungsi dari UI dan UX, antara lain :

  1. Figma
  2. Invision
  3. Adobe Photoshop
  4. Sketch

Figma Desktop

Kita akan belajar tentang dasar-dasar pembuatan prototyping aplikasi mobile dengan menggunakan software Figma. Software ini dapat digunakan secara gratis untuk platform Windows, Linux dan Mac. Software ini juga dapat berjalan pada web browser seperti Chrome, Firefox, Safari, Edge tanpa perlu menginstallnya terlebih dahulu. Sebelum mulai belajar membuat sebuah prototype di aplikasi Figma, anda perlu mengunduh dan meng-install software tersebut terlebih dahulu. Anda dapat mengunduh software Figma pada tautan berikut :

https://www.figma.com/downloads/

Jika anda sudah memiliki software Figma di dalam laptop / PC anda, maka sekarang anda siap untuk belajar pembuatan prototype menggunakan software Figma, prosesnya dapat anda lihat pada artikel berikutnya.

Figma Mirror (Android / iOS)

Terdapat aplikasi Figma Mirror yang tersedia untuk platform mobile Android atau iOS. Figma Mirror berguna untuk melihat hasil desain prototype dari software Figma pada laptop / PC secara live realtime pada semua perangkat Android yang kita miliki. Anda dapat mengunduh software Figma Mirror pada tautan berikut atau bisa dengan mencari pada Play Store atau App Store.

  1. Android

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.figma.mirror

2. iOS

https://apps.apple.com/us/app/figma-mirror/id1152747299

Figma Mirror tidak memerlukan kabel USB atau harus terkoneksi pada jaringan Wifi yang sama, kita hanya perlu login menggunakan akun Figma yang sudah dibuat. Kemudian, kita cukup memilih Frame apapun dari Figma Desktop yang ingin ditampilkan. Pastikan memiliki koneksi internet yang memadai dan tampilan Frame akan muncul pada perangkat Android / iOS.

Itulah sedikit pembahasan tentang UI/UX dan aplikasi figma, untuk tutorial dasar-dasar tentang aplikasi figma akan dibahas pada artikel selanjutnya. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke website kami. Terus dukung penulis dengan cara men-share website catatansantri.com ke akun medsos pribadimu agar penulis semakin semangat dalam membuat artikel-artikel selanjutnya.

Leave a Reply