WISATA ALAM SUMBER MRUTU DI LUMAJANG – Lumajang merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Timur, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Lumajang tersebut. Lumajang punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto-foto kekinian, Pantai, Gunung, sampai Air Terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.

Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Lumajang, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini jika Lumajang jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Lumajang ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun Kabupaten besar lainnya.

WISATA ALAM SUMBER MRUTU DI LUMAJANG

WISATA ALAM SUMBER MRUTU DI LUMAJANG
Cafe sawah di Sumber Mrutu

Dikabupaten Lumajang terdapat banyak destinasi wisata alam yang sangat eksotik  dan baru-baru ini yang lagi nge-hits adalah Sumber Mrutu, biasanya warga sekitar sering menyebutnya Sumber Brutu. Sumber Mrutu/Sumber Brutu berada di Kabupaten Lumajang tepatnya berada plosok desa Pandansari Kecamatan Kedungjajang. Menurut cerita lawas, Sumber Mrutu termasuk tempat legenda. Konon sumber mata air ini menjadi tempat pemandian para dewi-dewi dari Kerajaan Aria Wiraraja. Bahkan beredar cerita pemandian ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit dengan cara merendamkan badan.

Bagi masyarakat yang menyukai rekreasi alam, pemandian ini bisa menjadi solusi. Selain karena air yang jernih, rimbunnya pohon di sekitar pemandian juga menambah kesan keasrian. Rasanya, sangat nyaman jika untuk mereleksasikan pikiran setelah sepekan bekerja. Seiring berlalu bergulirnya waktu objek wisata Sumber Mrutu terus melakukan inovasi. Salah satunya dengan membuat Cafe Sawah sebagai objek pemandangan yang instagramable.

Cafe sawah ini didirikan di tengah sawah yang ada teraseringnya sehingga membuat keadaan Cafe semakin bagus jika dipandang dari jarak jauh. Biasanya di wisata alam Sumber Mrutu ini pengunjung paling banyak pada malam hari apalagi pas malem minggu. Karena panorama alam yang indah di pada wisata ini mulai sore hari sampai malam hari. Ada 5 buah tempat nongkrong disediakan untuk pengunjung berkelompok.

Cafe Sawah ini menjadi destinasi baru di Sumber Mrutu dengan menawarkan makanan ala desa. Sehingga pengunjung bisa menikmati makanan desa dari hasil pertanian. “Tempatnya memang beda dan asyik,” ujar Rohman pengunjung asal Desa Tempursari Kecamatan Kedungjajang. Sementara, sumber mata air masih ramai dikunjungi wisatawan untuk berenang. Banyak anak-anak dan muda mudi bermain air atau sekedar berselfie.

Wisata Sumber Mrutu buka siang dan malam, namun untuk pemandian hanya boleh sampai sore demi keamanan. Sedangkan caffe pinggir sawah buka sampai malam hari. Pengunjung hanya dikenakan parkir kendaraan 3 ribu untuk roda 2 dan 5 ribu untuk roda empat.

Demikian pembahasan tentang Sumber Mrutu, terima kasih telah berkunjung ke website catatansantri.com terus dukung penulis agar terus berkarya.

Leave a Reply